Sunday, March 25, 2012

Kenapa kita harus belajar matematika?

Dalam pembelajaran matematika di Indonesia dewasa ini, masalah pokok yang dihadapi adalah masih rendahnya daya serap peserta didik yang berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata yang berhubungan dengan konsep yang dimiliki.
Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami tujuan dari pembelajaran matematika. Bagi siswa belajar matematika sangat membosankan, Hanya belajar materi pelajaran yang sebagian besar berisi rumus yang bersifat abstrak. Siswa juga beranggapan bahwa matematika tidak ada gunanya dalam kehidupan sehari-hari. Padahal matematika sangat dekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Begitu banyak contoh dalam kehidupan nyata yang sangat dekat dengan matematika bahkan kita tidak lepas dari matematika.
Misalnya saja, ketika bangun tidur kita langsung melihat jam dinding untuk mengetahui waktu saat itu, ini juga merupakan salah satu konsep matematika bukan?
Selain manfaatnya dalam kehidupan nyata, konsep matematika juga sangat mengasyikan karena ada begitu banyak permainan matematika yang bisa kita gunakan untuk mempelajari matematika. Tahu permanan tetris? Ya, ini merupakan salah satu permainan yang populer dan cukup mudah untuk dimainkan. Permainan tetris merupakan permainan dimana terdapat 7 buah bangun dengan bentuk yang berbeda. Kita dapat mengatur bangun dengan menekan tombol yang disediakan, kamu dapat memutar untuk mengubah bentuk bangun dan mengarahkannya ke kanan. kiri, dan bawah agar semua ruang terisi penuh dan tidak ada ruang yang kosong. Permainan ini juga menggunakan konsep matematika yaitu konsep bangun datar.
Pada permainan halma, buah-buahan halma yang digunakan dapat berjumlah 6, 10, atau 15. Buah-buah halma ditempatkan pada titik-titik potong papan halma yang terbentuk pola segitiga. Ini juga merupakan permainan matematika yang menggunakan konsep matematika.
Matematika sangat dekat dengan kehidupan kita dan begitu banyak cara untuk mempelajari agar matematika tidak terkesan sulit dan membosankan.
Mari belajar matematika kawan…

No comments:

Post a Comment